PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG GAME
Sejak dulu dunia game merupakan salah satu yang paling diminati. Terutama untuk kaum pria dari berbagai kalangan umur. Game atau permainan yang dimainkan pun beragam jenis seperti game portable, game PC ataupun game mobile. Semakin berjalan waktu, teknologi dan perkembangan game semakin erat bergantung. Teknologi yang digunakan dalam game dapat kita lihat dari logic game, design game, ataupun audio dari game tersebut. Perkembangan industri game di Indonesia dimulai pada masa sekitar 15 tahun lalu. Waktu itu sudah mulai dengan munculnya game console seperti Nintendo dan Playstation, Zaman itu pelaku industri game di Indonesia kebanyakan hanya sebagai distributor.
Setelah era game console, masuklah era game online, sekitar tahun 2000an. Di sini juga mulai bermunculan namanya publisher, yakni perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau memasarkan setiap judul game Salah satu game online yang cukup menyita perhatian pecinta game adalah Ragnarok Online. Developer alias pembuat game ini adalah Gravity Corporation, perusahaan game yang bermarkas di Korea Selatan, tetapi publishernya adalah PT Lyto Datarindo Fortuna (Indonesia).
Jika kita lihat, teknologi dalam perkembangan game sampai generasi sekarang semakin berkembang, banyak muncul game dengan kualitas tinggi. Dalam pembuatan game dibutuhkan programmer, designer, music composer, dll. Progammer sendiri bertugas untuk membuat logic dalam game, aspek grafis, kecerdasan buatan dalam game, membuat efek-efek seperti tumbukan, juga membuat game tools. Sedangkan designer bertugas untuk membuat konsep art dari game, membuat 2D dan 3D model, serta animasi / karakter dari game. Progammer bekerja dengan banyak penalaran (left brain) dan designer dengan feeling (right brain). Sedangkan untuk music composer bertugas untuk mengatur berbagai hal berkaitan dengan suara dalam game.
Beberapa teknologi pendukung pembuatan game yaitu game engine. Dimana untuk menjalankannya diperlukan sebuah entry point. Seperti pada C, entry point berupa fungsi main (). Biasanya program utama ini relatif pendek, jadi game engine merupakan mesin penggerak jalannya suatu program game. Ada banyak game engine yang dirancang untuk bekerja pada console ataupun operasi desktop seperti Windows. Dalam game engine terdapat fungsi-fungsi yaitu Rendering Engine, Physical Engine, Sound Script, Animation, Artificial Intelligence, Network, Streaming, Memory Management, dan Scene Graph. Elemen pada Game Engine seperti:
Tools untuk penulisan data seperti 3D model editor, level editor ataupun graphic design.
System untuk melakukan komunikasi dengan hardware dari game tersebut. Dalam system dilakukan inisialisasi, update, dan pengnonaktifkan sub system.
Console mempermudah untuk mengubah setting game atau setting game engine tanpa perlu melakukan restart pada game.
Support yang berisi berbagai rumus matematika seperti vector, matrix, memory manager, yang merupakan dasar dari game engine.
Game Interface merupakan perantara antara game engine dan game itu sendiri, sehingga memudahkan jika ingin dilakukan perubahan.
Engine core yang berisi Visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan
Selain itu pendukung lainnya adalah game development tools yang merupakan software untuk membantu dan memfasilitasi pembuatan video game. Dengan ini, dapat membantu konversi pembuatan game seperti 3D model yang diperlukan untuk video game. Beberapa contoh game development tools yaitu RAD Game Tools, Java Game Development Tools, dan Garage. Ada juga Graphic Design Accelerometer yang berfungsi untuk mengukur ketepatan akselerasi grafis dalam game. Tentu mungkin masih banyak teknologi lain yang digunakan dalam pembuatan game. Dengan teknologi yang canggih tersebut terbentuk game yang baik pula, karena itu sebagai pengguna kita harus selalu dapat bertindak bijak dalam menggunakan game.
UNITY 3D
Unity 3D pertama kali dirilis pada saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan bahkan Linux OS.
Pada dasarnya, Unity 3D merupakan game engine yang berbasis 3D. Tetapi Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam pembuatan game, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melihat setiap sisi 3D dalam pembuatan objek. Sama halnya seperti menggunakan Blender 3D.
Dalam proses pengembangan game pengguna dapat menggunakan (menginclude) script-script, seperti : JavaScript, C#, dan Boo Script melalui panel coding yang telah di sediakan yang kemudian dapat di compile dan di jalankan pada console berikut : Windows, Mac, Unity Web Player, iOS, Android, Nintendo Wii, PlayStation 3, Xbox 360.
Unity memberi kebebasan Developer untuk berkarya. Tak hanya di batasi dalam 1 Genre saja. Tetapi berbagai Genre yang Developer suka. Harapan kedepannya dengan adanya Unity 3D akan menimbulkan banyak developer-developer game mandiri yang berkualitas, sehingga dapat menciptakan karya-karya yang dapat dinikmati public yang tidak hanya menghibur, bahkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya masyarakan dalam negeri.
Skenario
sebuah skenario adalah sebuah deskripsi dari interkasi seseorang dengan sebuah sistem.
skenario membantu memfokuskan desain pada kebutuhan user, yang dimana berbeda dari kebutuhan teknis atau bisnis.
skenario mungkin berhubungan dengan 'use cases', yang dimana menjelaskan interaksi yang berada dalam sebuah level teknis. tidak seperti usecases, bagaimanapun, skenario bisa dimengerti oleh orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknik. bagaimanapun mereka cocok untuk digunakan saat kegiatan desain partisipatif.
Kapan skenario sesuai?
skenario sesuai kapanpun anda butuh untuk mendeskripsikan sebuah sitem interkasi dari sudut pandang user. mereka berguna terutama saat anda butuh untuk memastikan kendala teknis atau anggaran tidak mengesampingkan anggaran kegunaan tanpa menunggu jatuh tempo.
skenario bisa membantu mengatasi kompleksitas kepada lapisan teknologi, dan mencegahnya dari menjadi nyata dalam tampilan user.
Scripting
Scripting adalah bumbu penting dalam setiap game. bahkan game paling sederhana pun membutuhkan scripts, untuk merespon input dari player dan menyusun untuk kegiatan dalam permainan agar terjadi sesuai yang seharusnya. lebih dari itu, scripts bisa digunakan untuk membuat efek grafis, kontrol tingkah fisik dari objek atau bahkan mengimplementasikan sebuah kustom sistem AI untuk karakter didalam game.
Scripting adalah sebuah skill yang membutuhkan waktu dan usaha untuk dipelajari.
Artificial Intellegence Dalam Game
Game telah lama dipandang sebagai tempat uji sempurna untuk metode kecerdasan buatan (AI), dan juga menjadi area aplikasi yang semakin penting. Game AI adalah bidang yang luas, mencakup segala sesuatu mulai dari tantangan membuat AI manusia super untuk game yang sulit seperti Go atau StarCraft, hingga aplikasi kreatif seperti generasi otomatis dari game baru. Game AI setua AI itu sendiri, tetapi selama dekade terakhir, bidang ini telah mengalami ekspansi dan pengayaan besar-besaran dengan dimasukkannya video game, yang sekarang mencakup lebih dari 50% dari semua karya yang diterbitkan di area ini dan memungkinkan kami untuk mengatasi tantangan yang lebih luas dari tantangan yang ada di pasar. , sosial, economicandscienti fi cinterest.Agreatsurgeinresearchoutputoccurredin2005, coincidingwithboth yang pertama IEEE Symposium (Conference) pada Computational Intelligence dan Permainan (CIG) -whichIco-chairedwithGrahamKendall-andthe fi rstAAAIAIIDEConference (Arti fi cialIntelligenceinDigitalEntertainment) .Sincethenthisrichareaof penelitian telah lebih dieksplorasi dan dipahami dengan lebih baik. Komunitas Game AI memelopori banyak penelitian yang sekarang menjadi (atau akan menjadi) AI yang lebih utama, seperti Monte Carlo Tree Search, pembuatan konten prosedural, bermain game berdasarkan tangkapan layar, dan desain game otomatis. Selama dekade terakhir, kemajuan dalam pembelajaran yang dalam memiliki efek mendalam dan transformasional pada banyak masalah sulit, termasuk pengenalan ucapan, terjemahan mesin, pemahaman bahasa alami dan visi komputer. Sebagai hasilnya, komputer sekarang dapat mencapai kinerja kompetitif manusia dalam berbagai macam persepsi dan tugas-tugas pengenalan. Banyak dari sistem-sistem ini yang masih tersedia untuk diprogram oleh programmer melalui serangkaian apa yang disebut layanan kognitif. Baru-baru ini, pembelajaran penguatan yang mendalam telah mencapai sukses besar dalam sejumlah tantangan sulit, termasuk Go dan prestasi belajar yang luar biasa untuk bermain game langsung dari tangkapan layar (bermain dari piksel). Sangat menarik untuk merenungkan apa artinya ini bagi permainan saat kita tersandung pada kecerdasan tingkat manusia di semakin banyak bidang. Dampaknya akan signifikan bagi kecerdasan karakter dalam game, cara kami berinteraksi dengan mereka dan cara game dirancang dan diuji.
SUMBER :
- Yannakasis, Georgios N and Julian Togelius. 2018. London:Springer Publishing.
- Nugroho, Dionisius Ario, 2017, PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG GAME [online], (http://scdc.binus.ac.id/himti/2017/04/29/perkembangan-teknologi-dalam-bidang-game/)
- Indonesia, Cloud Hosting, 2017, Mengenal Lebih Dekat Tentang Unity3D, Game Engine Pembuat Game 3D [online], (https://idcloudhost.com/mengenal-lebih-dekat-tentang-unity3d-game-engine-pembuat-game-3d/)
-https://docs.unity3d.com/Manual/ScriptingSection.html diakses tanggal 15-3-2019 pukul 7:02
https://infodesign.com.au/usabilityresources/scenarios/ diakses tanggal 15-3-2019 pukul 7:05
Komentar
Posting Komentar