Langsung ke konten utama

SOFTSKILL - TUGAS 4

TUTORIAL PEMBUATAN GAME SHOODUCK

1. Perencanaan
Membuat alur diagram & Layout untuk game
Flow chart dari game shooduck


rancangan tampilan game shooduck

2. Implementasi
1. install Ruby 2.4.4
2. install library gosu untuk ruby
3. buat folder untuk gamenya
4. masukan audio dan gambar yang dibutuhkan kedalam folder game


5. buat file ekstensi .rb untuk kode gamenya, ketik kode berikut :

bagian codingan diatas digunakan merupakan fungsi draw_game_over, yang digunakan untuk membuat tampilan game over saat permainan selesai. baris pertama merupakan pendeklarasian ukuran layout yaitu 300x300, 3 berarti berada dilayer 3. lalu dibawahnya adalah codingan untuk membuat skor, dibawahnya lagi digunakan untuk membuat tulisan 'press the space bar to play again'.

Listing program diatas digunakan untuk membuat level pada game ini, jika skor lebih besar dari 30 maka  level akan berubah menjadi 3, dan gerakan dari bebek akan berubah menjadi 5, jika skor lebih besar dari 20 maka level akan menjadi 2 dan kecepatan bebek menjadi 4, bila kurang dari itu maka level adalah 1 dan kecepatan bebek adalah 3. lalu dibawahnya adalah fungsi untuk memulai game, apabila fungsi ini dipanggil maka game akan dimulai. lalu dibwahnya terdapat fungsi draw untuk menggambar tampilan gameplaynya.

Listing diatas merupakan logic dari rintanga yang ada didalam game ini, end_of_x dan end_of_y digunakan untuk memeriksa apakah bebek sudah ada diujung atau belum.  lalu dibawahnya terdapat fungsi button_down yang digunakan untuk membuat input dari keyboard dan mouse. jika user menekan tombol mouse kiri maka fungsi calculate_hit akan dijalankan, jika user menekan tombol spasi maka game akan dimulai.
lalu dibawahnya terdapat fungsi calculate_hit, jika posisi mouse sama dengan posisi bebek dan bebek sedang muncul, maka program akan menambahkan score dan memainkan suara wek. jika tidak maka score akan dikurangi.


Listing diatas adalah inisialisasi semua assets yang digunakan didalam game. terdapat pendeklarasian waktu game, skor yang didapat apabila terkena target, skor yang dikurangi apabila target tidak terkena, dan ukuran layar.
lalu didalam fungsi initialize terdapat pendeklarasian nama game, font yang digunakan, dan juga gambar dan suara yang akan digunakan. lalu dibawahnya terdapat inisalisasi posisi bebek, level, ukuran bebek, kecepatan bebek, visibility, hit dan score.


6. selesai, klik 2 kali pada file .rb untuk menjalankan game

untuk lebih jelas silahkan tonton video berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=E45tnvk77Qk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan animasi 4D dan 5D

Animasi 4D  Tidak berbeda jauh dengan format 3D, hanya saja efek dari film 4D ini, bukan hanya gambarnya saja yang keluar, melainkan ada getaran-getaran atau efek-efek nyata yg dihasilkan. Misalnya saja film-film animasi bertema kehidupan alam, ketika adegan di air, maka ada air yang menyipratkannya ke wajah kita, atau uap air menetes. Lalu ketika adegan gempa bumi, maka kursi yang kita duduki akan bergetar juga, memang unik dan mengasyikan tetapi para penonton pasti tidak akan fokus ke filmnya melainkan ke efeknya saja. Film berformat seperti ini tidak hanya mengacu pada layar bioskop saja, melainkan beberapa aplikasi media seperti penggerak kursi yang menghasilkan getaran, uap air, serta beberapa efek lainnya, termasuk AC yang bisa tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin saat adegan salju, dan Heater yang dapat memanas saat adegan padang pasir. Dan format film ini pun harus diputar pada bioskop-bioskop khusus saja. Sedangkan animasi 5D sebenarnya di beberapa negara eropa ada negara

Perkembangan animasi 2D & 3D di Indonesia

Film animasi  indonesia mulai berkembang pada tahun 1955 saat Presiden Soekarno mengirim salah satu seniman indonesia untuk belajar di studio Walt Disney. setelah kembali ke Indonesia, beliau merilis film animasi pertama diindonesia yang berjudul " Si Doel Memilih ". pada tahun 1970, TVRI yang merupakan satu - satunya Stasiun TV yang ada, sudah mulai menayangkan film - film animasi buatan Walt Disney dan Hanna-Barbera. pada tahun tersebut juga studio animasi pertama lahir di Jakarta. pada tahun 80-an, tidak hanya dalam animasi periklanan, pada tahun ini pun mulai lahir studio - studio animasi di daerah. pada tahun 90-an, sudah banyak film - film animasi yang tayang di Indonesia, dan pada saat itu juga lahir film animasi 3D pertama indonesia yang dibuat di Surabaya yang berjudul "Homeland". setelah itu film animasi di Indonesia berkembang pesat. sudah banyak serial animasi yang ditayangkan di TV karena banyak peminatnya. pada tahun 2008, indonesia sendiri sudah berha

kenapa warna kulit manusia berbeda - beda

Banyak orang berfikir bahwa kita harus berkulit putih mulus agar dianggap cantik / ganteng. itu sebabnya banyak orang yang kurang percaya diri karena kulitnya gelap. maka dari itu kenapa warna kulit manusia berbeda - beda? kenapa tidak putih semua saja?. jadi pada dasarnya warna kulit kita sangat dipengaruhi oleh senyawa kimia seperti keratin, melanin dan hemoglobin, terutama melanin. melanin juga bisa ditemui di rambut dan mata. melanin berfungsi sebagai payung alami untuk melindungi kulit dari terik matahari. saat matahari terlalu terik, melanin akan bereaksi mengubah pigmen warna kulit kita jadi lebih gelap, sehingga kita bisa terlindung dari efek radiasi matahari yang berbahaya.sebaliknya, saat sinar matahari hanya sedikit, melanin akan mengubah pigmen warna kita menjadi lebih cerah, dampaknya kulit bisa lebih maksimal menyerap radiasi baik yang nantinya akan diolah tubuh menjadi provitamin D. lalu kenapa kita lahir dengan template warna kulit yang berbeda - beda dan buk