TUTORIAL PEMBUATAN GAME SHOODUCK
1. Perencanaan
Membuat alur diagram & Layout untuk game
Flow chart dari game shooduck
rancangan tampilan game shooduck
2. Implementasi
1. install Ruby 2.4.4
2. install library gosu untuk ruby
3. buat folder untuk gamenya
4. masukan audio dan gambar yang dibutuhkan kedalam folder game
5. buat file ekstensi .rb untuk kode gamenya, ketik kode berikut :
bagian codingan diatas digunakan merupakan fungsi draw_game_over, yang digunakan untuk membuat tampilan game over saat permainan selesai. baris pertama merupakan pendeklarasian ukuran layout yaitu 300x300, 3 berarti berada dilayer 3. lalu dibawahnya adalah codingan untuk membuat skor, dibawahnya lagi digunakan untuk membuat tulisan 'press the space bar to play again'.
Listing program diatas digunakan untuk membuat level pada game ini, jika skor lebih besar dari 30 maka level akan berubah menjadi 3, dan gerakan dari bebek akan berubah menjadi 5, jika skor lebih besar dari 20 maka level akan menjadi 2 dan kecepatan bebek menjadi 4, bila kurang dari itu maka level adalah 1 dan kecepatan bebek adalah 3. lalu dibawahnya adalah fungsi untuk memulai game, apabila fungsi ini dipanggil maka game akan dimulai. lalu dibwahnya terdapat fungsi draw untuk menggambar tampilan gameplaynya.
Listing diatas merupakan logic dari rintanga yang ada didalam game ini, end_of_x dan end_of_y digunakan untuk memeriksa apakah bebek sudah ada diujung atau belum. lalu dibawahnya terdapat fungsi button_down yang digunakan untuk membuat input dari keyboard dan mouse. jika user menekan tombol mouse kiri maka fungsi calculate_hit akan dijalankan, jika user menekan tombol spasi maka game akan dimulai.
lalu dibawahnya terdapat fungsi calculate_hit, jika posisi mouse sama dengan posisi bebek dan bebek sedang muncul, maka program akan menambahkan score dan memainkan suara wek. jika tidak maka score akan dikurangi.
Listing diatas adalah inisialisasi semua assets yang digunakan didalam game. terdapat pendeklarasian waktu game, skor yang didapat apabila terkena target, skor yang dikurangi apabila target tidak terkena, dan ukuran layar.
lalu didalam fungsi initialize terdapat pendeklarasian nama game, font yang digunakan, dan juga gambar dan suara yang akan digunakan. lalu dibawahnya terdapat inisalisasi posisi bebek, level, ukuran bebek, kecepatan bebek, visibility, hit dan score.
6. selesai, klik 2 kali pada file .rb untuk menjalankan game
untuk lebih jelas silahkan tonton video berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=E45tnvk77Qk
1. Perencanaan
Membuat alur diagram & Layout untuk game
Flow chart dari game shooduck
rancangan tampilan game shooduck
2. Implementasi
1. install Ruby 2.4.4
2. install library gosu untuk ruby
3. buat folder untuk gamenya
4. masukan audio dan gambar yang dibutuhkan kedalam folder game
5. buat file ekstensi .rb untuk kode gamenya, ketik kode berikut :
bagian codingan diatas digunakan merupakan fungsi draw_game_over, yang digunakan untuk membuat tampilan game over saat permainan selesai. baris pertama merupakan pendeklarasian ukuran layout yaitu 300x300, 3 berarti berada dilayer 3. lalu dibawahnya adalah codingan untuk membuat skor, dibawahnya lagi digunakan untuk membuat tulisan 'press the space bar to play again'.
Listing program diatas digunakan untuk membuat level pada game ini, jika skor lebih besar dari 30 maka level akan berubah menjadi 3, dan gerakan dari bebek akan berubah menjadi 5, jika skor lebih besar dari 20 maka level akan menjadi 2 dan kecepatan bebek menjadi 4, bila kurang dari itu maka level adalah 1 dan kecepatan bebek adalah 3. lalu dibawahnya adalah fungsi untuk memulai game, apabila fungsi ini dipanggil maka game akan dimulai. lalu dibwahnya terdapat fungsi draw untuk menggambar tampilan gameplaynya.
Listing diatas merupakan logic dari rintanga yang ada didalam game ini, end_of_x dan end_of_y digunakan untuk memeriksa apakah bebek sudah ada diujung atau belum. lalu dibawahnya terdapat fungsi button_down yang digunakan untuk membuat input dari keyboard dan mouse. jika user menekan tombol mouse kiri maka fungsi calculate_hit akan dijalankan, jika user menekan tombol spasi maka game akan dimulai.
lalu dibawahnya terdapat fungsi calculate_hit, jika posisi mouse sama dengan posisi bebek dan bebek sedang muncul, maka program akan menambahkan score dan memainkan suara wek. jika tidak maka score akan dikurangi.
Listing diatas adalah inisialisasi semua assets yang digunakan didalam game. terdapat pendeklarasian waktu game, skor yang didapat apabila terkena target, skor yang dikurangi apabila target tidak terkena, dan ukuran layar.
lalu didalam fungsi initialize terdapat pendeklarasian nama game, font yang digunakan, dan juga gambar dan suara yang akan digunakan. lalu dibawahnya terdapat inisalisasi posisi bebek, level, ukuran bebek, kecepatan bebek, visibility, hit dan score.
6. selesai, klik 2 kali pada file .rb untuk menjalankan game
untuk lebih jelas silahkan tonton video berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=E45tnvk77Qk
Komentar
Posting Komentar