Langsung ke konten utama

kenapa manusia ada yang cadel?

huruf r bagi sebagian masyarakat indonesia adalah kutukan. karena bagi mereka huruf r susah banget untuk disebut. kondisi ini disebut dengan cadel. tapi sebetulnya masih banyak yang bingung, sebetulnya orang bisa cadel karena penyakit, takdir atau apa?

menurut dunia kedokteran, cadel adalah kondisi dimana kita tidak mampu mengucapkan atau membunyikan huruf tertentu. bukan cuma saat kita tidak bisa ngomong r, tapi juga huruf konsonan lainnya. seperti cadel versi amerika serikat yang biasanya susah ngomong huruf s atau z.

penyebab cadel kemungkinannya bisa bermacam - macam. kita bisa cadel jika ada masalah dengan alat ucap kita seperti pita suara, gigi, lidah dan bibir. misalnya saat membran dibawah lidah kita kepanjangan atau kependekan sehingga lidah akan jadi susah bergetar dan bersilat dengan baik. atau jika ukuran lidah kita terlalu besar dari yang seharusnya. termasuk jika kalau gigi kita ompong - ompong karena sering males sikat gigi.

tapi mungkin kita semua pernah cadel saat kita masih kecil padahal alat ucap kita baik-baik saja, hal ini cukup wajar karena anak - anak memang belum cukup umur untuk belajar bicara seperti orang dewasa. tapi kalau cadel seperti ini terus dibiarkan lama - lama jadi kebiasaan akhirnya kita bisa terus cadel sampai dewasa.

tapi sekarang kita jadi tahu, kalau cadel banyak jenis dan penyebabnya. tapi kalau kamu cadel, dunia belum berakhir. banyak orang terkenal yang tetap percaya diri meskipun cadel.




sumber : youtube channel kok bisa?
https://www.youtube.com/watch?v=5tFI7tAEgxg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan animasi 2D & 3D di Indonesia

Film animasi  indonesia mulai berkembang pada tahun 1955 saat Presiden Soekarno mengirim salah satu seniman indonesia untuk belajar di studio Walt Disney. setelah kembali ke Indonesia, beliau merilis film animasi pertama diindonesia yang berjudul " Si Doel Memilih ". pada tahun 1970, TVRI yang merupakan satu - satunya Stasiun TV yang ada, sudah mulai menayangkan film - film animasi buatan Walt Disney dan Hanna-Barbera. pada tahun tersebut juga studio animasi pertama lahir di Jakarta. pada tahun 80-an, tidak hanya dalam animasi periklanan, pada tahun ini pun mulai lahir studio - studio animasi di daerah. pada tahun 90-an, sudah banyak film - film animasi yang tayang di Indonesia, dan pada saat itu juga lahir film animasi 3D pertama indonesia yang dibuat di Surabaya yang berjudul "Homeland". setelah itu film animasi di Indonesia berkembang pesat. sudah banyak serial animasi yang ditayangkan di TV karena banyak peminatnya. pada tahun 2008, indonesia sendiri sudah berha

kenapa warna kulit manusia berbeda - beda

Banyak orang berfikir bahwa kita harus berkulit putih mulus agar dianggap cantik / ganteng. itu sebabnya banyak orang yang kurang percaya diri karena kulitnya gelap. maka dari itu kenapa warna kulit manusia berbeda - beda? kenapa tidak putih semua saja?. jadi pada dasarnya warna kulit kita sangat dipengaruhi oleh senyawa kimia seperti keratin, melanin dan hemoglobin, terutama melanin. melanin juga bisa ditemui di rambut dan mata. melanin berfungsi sebagai payung alami untuk melindungi kulit dari terik matahari. saat matahari terlalu terik, melanin akan bereaksi mengubah pigmen warna kulit kita jadi lebih gelap, sehingga kita bisa terlindung dari efek radiasi matahari yang berbahaya.sebaliknya, saat sinar matahari hanya sedikit, melanin akan mengubah pigmen warna kita menjadi lebih cerah, dampaknya kulit bisa lebih maksimal menyerap radiasi baik yang nantinya akan diolah tubuh menjadi provitamin D. lalu kenapa kita lahir dengan template warna kulit yang berbeda - beda dan buk

perbedaan animasi 4D dan 5D

Animasi 4D  Tidak berbeda jauh dengan format 3D, hanya saja efek dari film 4D ini, bukan hanya gambarnya saja yang keluar, melainkan ada getaran-getaran atau efek-efek nyata yg dihasilkan. Misalnya saja film-film animasi bertema kehidupan alam, ketika adegan di air, maka ada air yang menyipratkannya ke wajah kita, atau uap air menetes. Lalu ketika adegan gempa bumi, maka kursi yang kita duduki akan bergetar juga, memang unik dan mengasyikan tetapi para penonton pasti tidak akan fokus ke filmnya melainkan ke efeknya saja. Film berformat seperti ini tidak hanya mengacu pada layar bioskop saja, melainkan beberapa aplikasi media seperti penggerak kursi yang menghasilkan getaran, uap air, serta beberapa efek lainnya, termasuk AC yang bisa tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin saat adegan salju, dan Heater yang dapat memanas saat adegan padang pasir. Dan format film ini pun harus diputar pada bioskop-bioskop khusus saja. Sedangkan animasi 5D sebenarnya di beberapa negara eropa ada negara