Langsung ke konten utama

kenapa warna kulit manusia berbeda - beda

Banyak orang berfikir bahwa kita harus berkulit putih mulus agar dianggap cantik / ganteng. itu sebabnya banyak orang yang kurang percaya diri karena kulitnya gelap. maka dari itu kenapa warna kulit manusia berbeda - beda? kenapa tidak putih semua saja?.


jadi pada dasarnya warna kulit kita sangat dipengaruhi oleh senyawa kimia seperti keratin, melanin dan hemoglobin, terutama melanin.

melanin juga bisa ditemui di rambut dan mata. melanin berfungsi sebagai payung alami untuk melindungi kulit dari terik matahari. saat matahari terlalu terik, melanin akan bereaksi mengubah pigmen warna kulit kita jadi lebih gelap, sehingga kita bisa terlindung dari efek radiasi matahari yang berbahaya.sebaliknya, saat sinar matahari hanya sedikit, melanin akan mengubah pigmen warna kita menjadi lebih cerah, dampaknya kulit bisa lebih maksimal menyerap radiasi baik yang nantinya akan diolah tubuh menjadi provitamin D.

lalu kenapa kita lahir dengan template warna kulit yang berbeda - beda dan bukannya bisa gonta - ganti mengikuti sinar matahari yang ada?

menurut perkiraan para ahli, nenek moyang kita kemungkinan berasal dari wilayah afrika, dari sana mereka menyebar ke berbagai penjuru dunia dengan iklim yang berbeda - beda. alhasil, warna kulit mereka pun menyesuaikan daerah tempat mereka hidup dan sifat ini kemudian diturunkan ke generasi generasi berikutnya sampai sekarang.


namun memang ada beberapa kasus unik. dimana bayi yang warna kulit, rambut, dan matanya pucat bisa lahir dari orang tua berkulit gelap. kasus ini bisa terjadi pada penderita albino yang melaninnya tidak berfungsi dengan baik, sehingga menjadi lebih rentan pada kanker kulit dan penuaan dini.

Jadi, perbedaan warna kulit sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kecantikan, kegantengan atau kesuksesan. tanpa perbedaan ini, nenek moyang kita mungkin justru takkan bisa bertahan dan menurunkan kita.


Sumber : Youtube Channel Kok bisa?
https://www.youtube.com/watch?v=5cZM9bYTuZs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan animasi 2D & 3D di Indonesia

Film animasi  indonesia mulai berkembang pada tahun 1955 saat Presiden Soekarno mengirim salah satu seniman indonesia untuk belajar di studio Walt Disney. setelah kembali ke Indonesia, beliau merilis film animasi pertama diindonesia yang berjudul " Si Doel Memilih ". pada tahun 1970, TVRI yang merupakan satu - satunya Stasiun TV yang ada, sudah mulai menayangkan film - film animasi buatan Walt Disney dan Hanna-Barbera. pada tahun tersebut juga studio animasi pertama lahir di Jakarta. pada tahun 80-an, tidak hanya dalam animasi periklanan, pada tahun ini pun mulai lahir studio - studio animasi di daerah. pada tahun 90-an, sudah banyak film - film animasi yang tayang di Indonesia, dan pada saat itu juga lahir film animasi 3D pertama indonesia yang dibuat di Surabaya yang berjudul "Homeland". setelah itu film animasi di Indonesia berkembang pesat. sudah banyak serial animasi yang ditayangkan di TV karena banyak peminatnya. pada tahun 2008, indonesia sendiri sudah berha

Kenapa Mudik Jadi Tradisi di Indonesia?

Lebaran sebentar lagi! Setelah lama merantau di kota besar, yang langsung kepikiran di otak pastilah mudik, mudik, dan mudik. Tradisi mudik ini emang udah mendarah daging di Indonesia. Tapi sudah sejak kapan sih ada mudik? Dan kenapa harus ada mudik? Ngomongin mudik, pasti ingat antrean panjang di stasiun, kemacetan sampai di jalan-jalan tol, sampai sepeda motor yang cengtri, atau lebih. Segalanya demi bisa pulang kampung dan bersilaturahmi di hari raya. Tapi konon, ternyata sejarah tradisi mudik bisa ditarik sejak zaman Majapahit! Cuma saat itu, bedanya, mudik dilakukan menjelang panen raya. Dan ga main-main, mudik zaman itu dilakukan dengan jalan kaki! Rupanya simbah-simbah kita dulu sungguh sangat sangat kuat! Menurut ahli kajian filsafat, Jacob Sumardjo, istilah mudik punya akar Bahasa Jawa ngoko: “mulih dhilik”, yang artinya “pulang sebentar”. Soalnya, para pemudik nantinya bakal balik lagi ke kota perantauan. Tapi pandangan lain, datang dari penghuni senior di kota tujuan ran